Home » » Hanya 23 Juta dari 65 Juta Wajib Pajak Yang Bayar Pajak

Hanya 23 Juta dari 65 Juta Wajib Pajak Yang Bayar Pajak

Posted by Pegawai Pajak on Sabtu, 03 Mei 2014

Gita Wirjawan, menyebut potensi fiskal dan keuangan Indonesia masih sangat besar. Hal ini terlihat dari masih banyaknya wajib pajak yang belum memenuhi kewajibannya.

Menurut Gita, dari 65 juta wajib pajak di Indonesia, baru 23 juta yang bayar pajak. Atau dengan kata lain baru separuh saja yang memiliki NPWP. Padahal, potensi pajak ini bisa digunakan untuk membangun infrastruktur yang berbasis lingkungan.

"Pajak itu baru 23 juta yang bayar dari 65 juta wajib pajak. Potensi kita ruang fiskal kita besar sekali untuk kepentingan lingkungan kita. Ini ibaratnya sinar yang begitu bersinar," ucap Gita di Ritz Carlton, Jakarta.

Gita menyebut potensi Indonesia dalam lima tahun ke depan masih sangat tinggi. Saat ini saja, ketika masih banyak yang belum bayar pajak, anggaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Indonesia sudah meningkat empat kali lipat dalam sepuluh tahun ke belakang.

"Masa depan dalam periode 5 tahun ke depan kita sangat memiliki kapasitas luar biasa. Sekarang saja APBN meningkat 4 kali lipat dalam 10 tahun," tegasnya.

Pembangunan infrastruktur diakui tak bisa lepas dari kekuatan fiskal sebuah negara. Fiskal merupakan infrastruktur lunak yang harus dikejar pemerintah.