Home » » E-Filing Untuk Pajak Yang Lebih Baik

E-Filing Untuk Pajak Yang Lebih Baik

Posted by Pegawai Pajak on Rabu, 07 Mei 2014

Pelaporan SPT Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) dengan e-Filing untuk harapan kita dimasa depan. Kok bisa? Seorang peserta, Ikra Rabing belum bisa berkomentar banyak ketika opini ini dilemparkan. Sudah sempat mendapatkan pengantar dan uraian singkat pada sosialisasi perpajakan bagi bendahara sebelumnya bahwa e-Filing adalah suatu cara penyampaian SPT (Masa/Tahunan) secara elektronik, npwp online dan real time melalui internet pada website Direktorat Jenderal Pajak (www.pajak.go.id) atau Penyedia Jasa Aplikasi.

Untuk memberikan pemahaman sekaligus tata cara pengisian langsung SPT jenis SPT Tahunan PPh Orang Pribadi melalui e-Filing, maka Kantor Pelayanan  Pajak Pratama Makassar Selatan melaksanakan sosialisasi e-Filing yang bertempat di Balai Diklat Keuangan Makassar, Jl. Urip Sumoharjo Km 4 GKN III Makassar tanggal  13 Februari 2014 yang dimulai pukul 09.00 sampai dengan 12.00 WITA.

Selama pelaksanaan, peserta dibagi menjadi dua ruangan, yakni peserta dalam ruangan laboratorium bahasa dan laboratorium komputer yang bertempat di Gedung Bira lantai dua Balai Diklat Keuangan Makassar. Dengan berbekal lampiran 1721-A2 serta bukti potong dari bendahara, peserta dituntun melakukan pengisian SPT setelah mendapatkan e-FIN dari Seksi Pelayanan yang bertugas langsung di tempat berlangsungnya acara. “Seharusnya  permohonan e-FIN sudah diterima kemarin dari peserta, sekaligus sebagai konfirmasi kehadiran, tapi Alhamdulillah bisa ditangani,” tutur Daisy, panitia  yang menangani pendaftaran e-FIN tersebut.

Pemateri yang dikoordinasi langsung oleh Kepala Seksi Waskon I, Ismail Junaedi Nanti, untuk kelas diruangan di laboratorium bahasa  dan Kepala Seksi Waskon IV, Ahmad Sadiq Urwah, untuk  kelas di laboratorium komputer. Tim pemateri secara detail memberikan penjelasan setiap lembaran SPT sehingga peserta bisa langsung mengisi dan melaporkan SPT-nya saat itu juga.

Ikra Rabing yang sebelumnya diwawancarai oleh panitia membisikkan kata kepada seorang panitia: “Saya baru mengerti Pak, ternyata e-filing itu untuk masa depan kita ya,” ucapnya. Dia membayangkan ribuan prajurit TNI dibawah satkernya yang melaporkan SPT secara manual dengan menggunakan kertas. “Berapa banyak pohon yang harus ditebang hanya untuk melaporkan SPT?”, lanjutnya. Sambil mengepalkan tangan dia berujar bahwa e-Filing system ini mendukung program Go Green yang didengung-dengungkan seluruh dunia. E-Filing for our filing best future!

Di samping pembayaran pajak memang untuk kelangsungan masa depan anak cucu kita, e-Filing juga menegaskan tentang perasaan kita untuk masa depan. Tidak sekedar perasaan secara bahasa, tetapi secara maknawi yang menyangkut fikiran dan jiwa kita untuk keberlangsungan dan penataan hidup ke depan.

Follow up dari kegiatan tersebut adalah perwakilan peserta yang diundang wajib melakukan transfer knowledge kepada seluruh pegawai disatuan kerjanya dengan tujuan melaporkan SPT Tahunan Orang Pribadi menggunakan e-Filing system. Dan pastinya, setiap selesainya kegiatan selalu menyisakan pekerjaan rumah bagi panitia. Terutama mendapatkan undangan untuk pengisian SPT ke satuan kerja yang diundang. Satu hal yang pastinya ditunggu-tunggu oleh pegawai KPP Pratama Makassar Selatan.